E-KTP Invalid Bengkulu Utara Dimusnahkan

Ribuan E-KTP Invalid Dimusnahkan

Bengkulu Utara – Sebanyak 7650 keping E- KTP invalid yang dimilki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Utara (BU) dimusnahkan dengan cara digunting.

Kegiatan ini dilakukan oleh Kepala Dinas Dukcapil BU Juhirjo SH MH bersama Kabag Ops AKP Tito Januri SIK dan Kasat Reskrim Polres BU AKP M Jufri SIk.

E-KTP invalid ini merupakan E-KTP yang terjadi perubahan stastus belum kawin menjadi kawin, rusak, dan karena pindah domisili maupun hilang.

“Hari ini sebanyak 7650 E-KTP yang Invalid kita musnahkan,” kata Kepala Disdukcapil BU Juhirjo SH MH, Kami (14/12).

Juhirjo menambahkan, hal ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) dari Menteri Dalam yang ditembuskan ke Direktur Jenderal Dukcapil atas ada temuannya di Jakarta dan Sumatera Barat, terkait adanya oknum yang memanfaatkan E-KTP Invalid yang ada di Disdukcapil.

“Menindak lanjuti SE tersebut kita bersama pihak Polres BU melakukan pemusnahan, agar tidak ada lagi pihak-pihak ataupun oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan E-KTP Invalid ini di kemudian hari,” terangnya.

Hal senda yang diungkapkan Kabag Ops Polres BU AKP Tito Januri SIK bahwa pihaknya mendampingi Disdukcapil BU adalah untuk memastikan bahwa tidak ada lagi E-KTP invalid yang masih tercecer, dan harus segera dimusnahkan agar tidak terjadi penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Mudah-mudahan untuk Bengkulu Utara ini, tidak terjadi seperti di daerah lain,” katanya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres BU AKP M Jufri SIK juga menuturkan, pemusnahan E-KTP invalid ini adalah tindak antisipasi, karena memasuki tahun politik, agar KTP invalid ini tidak disalah gunakan.

“Kita disini untuk mengantisipasi jangan sampai ini di salah gunakan, karena ini tahun politik,” tandasnya. Dh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.