Masuk Event Nasional, Ini Perbedaan Tabut 2018

BENGKULU – Tata panggung Festival Tabot Bengkulu 2018 tampak berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, kali ini panggung utama festival seni terbesar di Bengkulu itu dibungkus dengan lebih mewah dan luas, sekaligus menandakan bahwa festival Tabut sudah siap digelar, dan sesuai jadwal akan dibuka malam ini.

Ketua Asosiasi Penggiat Seni Budaya (APSB) Bengkulu, yang juga menggawangi tata panggung Tabut 2018, Syukri Ramzan menjelaskan, pagelaran Tabut sudah masuk dalam 100 event nasional, sehingga semua unsur-unsur yang ada dalam festival tersebut sudah harus berstandar nasional.

“Dalam 100 event nasional itu sudah ada standar, baik itu penyelenggaraan, penataan panggung, maupun pengemasan acara secara keseluruhan,” ujar Syukri Ramzan pada Senin (10/9/2018).

Tidak hanya itu, kata Syukri bazar yang menjadi pelengkap festival Tabut Bengkulu di tahun ini juga lebih diperhatikan dan disesuaikan dengan standar nasional.

“Termasuk bazar juga itu harus teratur sesuai menurut standar nasional,” imbuhnya.

Ide-ide yang tertuang dalam festival Tabut, berasal dari kumpulan pemuda-pemuda Bengkulu yang tergabung dalam APSB, ide-ide tersebut yang direalisasikan dalam pagelaran tahun ini.

“Kita sekarang ada APSB yang kebetulan diberi kepercayaan, tentu ide-ide itu berasal dari seluruh penggiat seni, pelaku seni, sanggar-sanggar, dan kelompok seni, jadi ide-ide mereka yang kita tampung dan kita realisasikan,” bebernya.

Dengan penyelenggaraan Tabut tahun ini yang sudah menyesuaikan standar nasional, Syukri berharap ditahun 2019, festival Tabut bisa terpilih dari 100 event nasional menjadi 10 event nasional.

“Ini bukan sekedar mempertahankan,tapi seperti arahan PLT Gubernur kita,kalau bisa tahun depan Bengkulu bisa masuk dalam 10 besar event nasional, jadi semua elemen sekecil apapun kita berupaya semaksimal mungkin,” demikian Syukri Ramzan. (MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.